Allure Diary

Cara Menghilangkan Bopeng Dengan Skincare dan Tindakan Medis

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat
Sumber Foto: pexels.com

Bopeng atau bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan, apalagi jika jumlahnya cukup banyak. Untungnya, cara menghilangkan bopeng bekas jerawat bisa dilakukan dengan perawatan medis di klinik maupun melalui penggunaan skincare yang tepat di rumah.

Sebelum menjalani suatu perawatan, sebaiknya kamu tahu apa saja pilihan yang ada. Simak  penjelasannya berikut ini.

Ada beberapa tindakan medis yang bisa dilakukan dengan hasil yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Chemical Peeling

Salah satu treatment menghilangkan bopeng adalah chemical peeling. Cairan kimia tertentu bersifat asam akan diaplikasikan pada wajah untuk memicu pengelupasan lapisan tipis kulit terluar. Ini akan menstimulasi terjadinya regenerasi kulit, sehingga bekas luka akan perlahan-lahan menipis, berganti dengan jaringan kulit yang sehat.

Proses ini akan membuat kulit kemerahan pada awalnya, tapi kemudian jaringan baru akan tumbuh. Kulit akan lebih kenyal, dengan warna dan tekstur yang lebih rata.

2. Laser Wajah

Inilah cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat yang bisa dipilih.

Chemical peeling dilakukan pada seluruh wajah. Namun pada prosedur laser, cahaya laser akan diarahkan ke area bekas jerawat. Ini akan menstimulasi regenerasi sel kulit baru pada area luka.

Setelah proses regenerasi dimulai, bekas jerawat akan menipis, sehingga kulit terlihat lebih halus dan rata.

3. Dermabrasi

Dermabrasi juga menggunakan proses peeling, tapi tanpa bahan kimia. Dermabrasi menggunakan alat khusus untuk menyingkirkan sel kulit mati. Prosedur ini biasanya akan menggunakan bius lokal.

4. Dermal Filler

Pada prosedur ini, zat filler akan diinjeksikan ke bopeng, sehingga bekas jerawat yang tadinya seperti berlubang akan rata kembali. Meskipun demikian, hasil dari dermal filler tidak permanen, sehingga kulit akan kembali tidak rata.

Cara Menghilangkan Bopeng dengan Skincare

Untuk bopeng yang tidak terlalu dalam dan parah, kamu bisa menghilangkannya dengan perawatan kulit yang tepat. Beberapa produk skincare untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat memang dibuat dengan kandungan khusus. Berikut adalah beberapa kandungan yang bisa kamu cari:

1. Vitamin C

Vitamin C dikenal mampu mencerahkan kulit, dan ini juga berlaku untuk bekas jerawat yang biasanya berwarna gelap.

2. Kojic Acid

Terbuat dari beberapa jenis jamur, kojic acid ternyata mampu mencerahkan kulit dan membunuh bakteri. Jadi bukan hanya mengatasi masalah bekas jerawat, zat ini juga dapat mencegah jerawat baru muncul.

3. Glycolic Acid

Jika chemical peeling melakukan pengikisan kulit mati dengan cepat, maka glycolic acid dapat meng-eksfoliasi sel kulit mati dengan perlahan. Itulah mengapa, zat ini lebih aman digunakan di rumah, tapi cukup efektif mengatasi bekas jerawat.

4. Niacinamide

Zat ini melawan hiperpigmentasi yang terjadi pada bekas jerawat. Noda hitam akan perlahan berkurang seiring pemakaian,

Penggunaan skincare untuk menghilangkan bopeng membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan tindakan medis.

Berbagai cara menghilangkan bopeng tersebut bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan jenis bekas luka jerawat. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter ahli kecantikan untuk menentukan mana treatment yang paling sesuai, Pastikan kamu melakukan perawatan hanya di tempat resmi ya, bukan abal-abal. Baca juga artikel Skincare Lokal Untuk Bekas Jerawat

Artikel Lainnya

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *